Beberapa Alasan Mengapa Anda perlu kartu kredit


Alasan Mengapa Anda membutuhkan kartu kredit – Seberapa perlunya kartu pembayaran jenis kredit, kemarin salah seorang teman Saya menanyakan hal tersebut. Ini mungkin disebabkan oleh Kurang yakinnya akan fitur dan kemampuan yang diperoleh dari sebuah kartu pembayaran dalam bentuk kredit, maka kali ini saya akan coba menelaah apa saja yang menjadi alasan mengapa kartu kredit itu diperlukan.

Membuat Kartu Kredit BNI
Kartu Kredit BNI Adalah Salah satu Jenis kartu pembayaran

Pakar atau sering kita sebut sebagai ahli keuangan dan finansial probadi kita menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mencegah kita menggunakan kartu kredit, mengapa? ya karna pasti dengan alasan yang baik dan bijaksana. Karena memang tidak heran jika Kartu Kredit sering disalahgunakan dan juga disalahartikan, yang pada akhirnya hutang dari kartu kredit bisa menghancurkan masa depan keuangan Anda.  Meskipun demikian bukan berarti semuanya adalah keburukan, ada kalanya bila digunakan secara bertanggung jawab dan bijaksana, Anda akan mengelolanya dengan tepat. dengan demikian Anda akan menyadari bahwa membayar dengan kredit lebih menguntungkan daripada dengan debit.

Mengapa tidak kartu debit? beberapa alasan tentang ini adalah karna:

  • Kartu kredit membantu Anda membangun kredit
  • Kartu kredit menawarkan penghargaan dan fasilitas lainnya
  • Kartu kredit menawarkan perlindungan keamanan dan kecurangan yang lebih baik

Jadi meskipun kartu debit memberikan keuntungan berbeda misalnya membantu Anda tetap pada anggaran, namun jenis kartu kredit juga memberikan lebih banyak lagi. Anda bisa menemukan informasi dan perbedaan dari kedua pada artikel sebelumnya mengenai apa itu kartu kredit dan perbedaan kartu kredit dan debit serta topik yang sama tentang Pilih kartu kredit atau debit?

Sementara kartu debit adalah alat pembayaran yang mudah digunakan dan akses dimana-mana, ada beberapa keuntungan mengapa sebagian orang memilih membuat kartu kredit lebih awal dan mereka seperti berlomba mendapatkannya. Inilah alasan utama mengapa jenis kartu di dompet Anda benar-benar penting.

Meningkatkan skor kredit Anda

Pada masa yang akan datang, beberapa hal dibawah ini adalah produk yang mungkin akan anda beli dan miliki:

  1. Kepemilikan Rumah
  2. Mobil Mewah atau Mobil keluarga
  3. Biaya pendidikan atau kuliah
  4. Biaya Asuransi dan Perjalanan

Nah dari list diatas, kemungkinan anda memang memikirkannya atau bahkan jika itu adalah semuanya, kemungkinan dimasa depan, Anda memerlukan kredit untuk membantu pembelian salah satu produk atau fasilitas tersebut.

Jika digunakan dengan tepat, mendapatkan kartu kredit akan membantu menetapkan riwayat kredit Anda dan meningkatkan nilai kredit Anda. Semakin tinggi nilai kredit Anda, semakin sedikit Anda harus membayar bunga pada beragam produk kredit.Menetapkan nilai kredit yang bagus dapat menghemat ribuan uang Anda selama pinjaman tunggal.

Kartu Kredit dengan Keamanan tambahan

Dengan datangnya musim berbelanja pada hari libur dan akhir tahun, masyarakat luas pada umumnya dikhawatitkan akan penipuan kartu kredit / debit. Namun, dalam kejadian pelanggaran yang tidak menguntungkan, pengguna kartu debit bisa menghadapi stress yang jauh lebih besar daripada pengguna kartu kredit. Itu karena kartu debit dan kartu kredit diperlakukan berbeda oleh undang-undang perlindungan konsumen. ini akan bergantung pada seberapa cepat Anda melaporkan tagihan palsu tersebut.

Disisi lain, bagaimana jika Anda membutuhkan dana sekarang untuk membayar uang sewa atau biaya lainnya? Dengan kartu kredit, uang tidak pernah meninggalkan rekening Anda, dan Anda tidak perlu membayar biaya yang diperebutkan pada tagihan Anda. Di sisi lain, jika Anda menggunakan kartu debit, Anda mungkin dibiarkan menunggu sampai bank Anda menyelesaikan masalah ini dan mengembalikan dana ke akun Anda.

Berbagai Penawaran dan Promo Kredit yang Menguntungkan

Selain membangun dan menetapkan nilai kredit dan tindakan pengamanan tambahan, kartu kredit juga memberi konsumen hadiah, penawaran diskon, hingga potongan harga yang bekerjasama dengan merchant-merchant diseluruh dunia. Dari promo nonton gratis dengan kartu kredit, cash back, travel points, atau sistem rewards points dan hadiah yang dapat ditukarkan, dengan menggunakan kartu kredit dapat membantu seseorang menghemat ratusan ribu hingga jutaan rupiah sepanjang tahun.

Asuransi dan Perlindungan Pembelian

Apakah Anda mengalamai pencurian akan perhianan yang dibeli atau resiko atau iphone terbaru yang dibeli pecah? nah saat anda telah membeli produk – produk ini dengan kartu kredit yang memiliki rencana perlindungan pembelian, Anda mungkin beruntung untuk mendapatkan asuransi atas resiko yang mungkin saja tidak bisa diterka tersebut.

Bila Anda mengenakan biaya pembelian yang tertutup di kartu Anda, perlindungan pembelian dapat membantu melindungi pembelian Anda hingga 90 hari jika dicuri atau tidak sengaja rusak. Namun, akhirnya perusahaan kartu kredit memutuskan apakah klaim perlindungan pembelian Anda disetujui.

Jika Anda belum memiliki rencana perlindungan pembelian dengan kartu kredit Anda saat ini, sebaiknya pertimbangkan saat membuat kartu kredit berikutnya.

Sudah punya kartu kredit BRI atau belum? simak Apply Kartu Kredit BRI ? ini Cara serta Syarat dan Berapa Limitnya

Kesimpulannya adalah…

Meskipun memiliki kartu kredit tentu bukan sesuatu yang instan bagi semua lapisan masyarakat, Anda bisa saja memilih diam dengan mengabaikan kredit serta manfaat yang bisa didapatkan dengan membuatnya. Kartu kredit bisa menjadi alat penting dan hemat biaya bila digunakan secara efektif. Pastikan menggunakan kartu Anda dengan benar dan membayar tagihan Anda secara penuh dan tepat waktu.


Saran lainnya