Mengenal Sosok Pemeran Ibu di Film Pengabdi Setan


Film pengabdi setan memang digadang – gadang menjadi film terlaris Indonesia sepanjang masa, meskipun merupakan film remaix dari film pengabdi setan yang sebelumnya, namun ternyata cerita dan alur cerita yang disuguhkan oleh Joko Anwar selaku Sutradara jauh berbeda dan bisa di bilang lebih menarik.

Di hari pertama pemutarannya film pengabdi setan mampu meraup 91 ribu penonton mengalahkan film horor Danur yang hanya meraup 80 ribu penonton. Karena ketenarannya, bahkan film pengabdi setan diputar di berbagai negera seperti, Malaysia, Jepang, Amerika dan Korea dan sukses membuat penonton histeris ketakutan.

Bahkan saking tren film pengabdi setan, banyak meme yang bermunculan menggunakan foto sosok ibu di pengabdi setan.

Yaps… kesusksesan film ini tidak lepas dari peran apik pemeran ibu di film ini, sosoknya yang misterius, dan seram mampu membuat film ini lebih hidup.

Nah buat anda yang penasaran dengan sosok ibu di film pengabdi setan, berikut profil lengkapnya.

Mengenal Sosok Pemeran Ibu di Film Pengabdi Setan

pengabdi setan
ayu laksmi pemeran ibu di pengabdi setan

Profil Ibu Pengabdi Setan

Nama asli pemeran ibu di pengabdi setan atau Mawarni Suwono adalah Ayu Laksimi yang lahir di Singaraja Bali 25 Nopember 1967 yang merupakan penari, penulis lagu, penyanyi, aktris film dan theater.

Ayu laksmi sendiri adalah salah satu putri dari 3 putri I Gusti Putu Wiryasutha (alm) dan I Gusti Ayu Sri Haryati dan telah menikah dengan Steven Van Lierde.

Awal Karir Ayu Laksmi

Diawal karirnya Ayu laksmi adalah jebolan dari acara kontes pencarian bakat  BRTV tingkat Provinsi Bali di Tahun 1983 dimana saat itu dia membuat trio ayu sisters yang beranggotakan kedua saudaranya sendiri yaitu Ayu Weda dan Ayu Pratiwi.

Dimana dia dan saudaranya mendapat penghargaan sebagai juara 3 serta menjadi trio berpenampilan terbaik tingkat Nasional.

Namun di era 1984-1993 Ayu laksmi lebih dikenal dengan lady rocker di blantika musik nasional dan menjadi salah satu penyanyi asal bali yang berhasil menembus musik tanah air dimana saat itu masih sangat sulit.

Dari kiprahnya di bidang musik Ayu laksmi pernah beberapa kali mengeluarkan singel dan mengisis sountrack film seperti catatan si boy 2 dengan lagu hello sobat dimana film tersebut pernah menjadi tren di tahunnya.

Ayu Laksmi di 1992

Setelah mengeluarkan album di tahun 1991 bertajuk istana yang hilang 1984-1993, Ayu Laksmi vakum dan kembali ke Bali untuk meneruskan pendidikan di fakultas Hukum Universitas Udayana dan menjadi  sarjana di tahun 1993.

Bali Tropical Transit

Setelah lulus dari Universitas udayana di tahun 1995 – 1997 Ayu laksmi bergabung dengan band Bali bernama Bali Tropical Transit yang dimotori oleh Riwin salah satu anggota group Pahama. Dan di tahun  2002 Ayu laksmi kembali memasuki dunia hiburan tanah air dengan maramaikan pentas dimana dia menggabungkan musik modern dan juga musik timur yang diacara yang mengcovery accident Bom Bali.

Di tahun 2004 Ayu Laksmi kembali bergabung dengan Bali Tropical Transit hingga 2008, dan akahirnya di penghujung tahun 2010 dia resmi mengundurkan diri dari kelompok musik manapun dan meluncurkan album berjudul Svara Semesta.

Film Yang Dibintangi

Bagi anak muda kekinian, mungkin berpikir jika Ayu Laksmi baru terkenal setelah membintangi film pengabdi setan, namun sebenarnya ayu laksmi telah beberapa kali berakting untuk film, bahkan film yang di bintanginya pernah meraih penghargaan FFI tahun 2008 dan masuk dalam nominasi International Film Festival di Tokyo.

Berikut film – film lainnya yang pernah di bintangi oleh Ayu Laksmi :

  • Under The Tree ( 2008 )
  • Ngurah Rai ( 2013 )
  • Soekarno ( 2014 )
  • The Seen and Unseen ( 2017 )
  • Pengabdi setan ( 2017 )

Berikut album dan kompilasi yang pernah di rillis oleh Ayu Laksmi :

  • Istana  yang hilang ( 1991 )
  • Svara Semesta ( 2011 )
  • Svara Semesta 2  ( 2015 )

 

Penghargaan Ayu Laksmi

Ayu laksmi merupakan seniman indonesia yang multitalenta, sehingga tidak heran jika ada banyak penghargaan yang di dapat baik dalam seni musik, film, sosial dan lain – lain seperti berikut ini :

  • 2017 : Aktri Pemeran Terbaik di Film Pengabdi Setan dalam Festival Film Tempo.
  • 2017 : Duta perdamaaian oleh komunitas Gema perdamaian di Saraswati Award – Rishikesh Uttarakhand india.
  • 2012 : Album Svara Semesta masuk dalam nominasi 5 besar design grafis terbaik dI AMI ( Anugrah Musik Indonesia )
  • 2012 : terpilih sebagai ibu budaya oleh komunitas spiritual Puri Agung Dharma Giri Utama.
  • 2008 : Masuk dalam nominasi pemeran utama wanita terbaik di ajang FFI atau Festival Film Indonesia.
  • Dan lain – lain.

Nah itu tadi profil lengkap Ayu Laksmi sosok pemeran “ibu” di Pengabdi Setan by Joko Anwar.


Saran lainnya