Bahaya Terlalu Lama Tidur Bagi Kesehatan


Bahaya Terlalu Lama Tidur – Tidur memang hal yang menyenangkan ya, tidur adalah acra tubuh beristirahat dari aktivitas yang kita kerjakan begitu juga dengan organ – organ yang bekerja sepanjang hari.

Tidur juga waktu yang tepat bagi tubuh dan kulit mengembalikan stamina, memperbaiki sel – sel dalam tubuh dan regenarasi sehingga setelah bangaun tidur kita akan merasakan tubuh menjadi segar dan sehat daripada sebelum tidur.

bahaya tidur terlalu lama
bahaya tidur terlalu lama

Kebutuhan Tidur

Kebutuhan waktu tidur setiap orang sendiri berbeda – beda tergantung dengan umur, jenis kelamin dan juga aktivitasnya, biasanya orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 – 9 jam dan setiap bertambahnya umur maka kebutuhan tidur seseorang akan berkurang bahkan beberapa orang mengalami gangguan tidur.

Meskipun memiliki banyak manfaat namun terlalu banyak tidur ternyata bisa menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan, tidak heran jika saat bangun tidur tubuh anda terasa berat dan sakit. Nah buat anda yang memiliki hobi tidur berikut bahaya terlalulama tidur yang akan anda rasakan.

Bahaya Terlalu Lama Tidur

Sakit Kepala

Salah satu bahaya tidur terlalu lama yang akan anda rasakan langsung adalah sakit kepala, terlalu banyak tidur di siang hari dan berkurangnya jatah tidur di malam hari mampu mempengaruhi senyawa kimia di otak yang membuat anda sakit kepala. Bukan hanya sakit kepala anda juga akan mengalami berbagai masalah akibat begadang.

Obesitas

Tidur terlalu malam juga berpengaruh pada berat badan, tidur terlalu lama dapat meningkatkan berat badan, begitu juga dengan kekurangan tidur atau begadang. Begadang dapat meningkatkan berat badan karena saat begadang anda akan merasakan lapar dan akhirnya memilih untuk menyantap makanan padahal saat malam tubuh tidak terlalu membutuhkan kalori.

Namun kekurangan waktu tidur juga tidak baik bagi bagi kesehtana karena dapat membuat anda kekurangan berat badan di tambah lagi dengan resiko penyakit berbahaya lainnya.

Gangguan Mental

Terlalu lama tidur juga berkaitan erat dengan gangguan kesehatan mental, tidur terlalu lama dapat menyebabkan tubuh mudah lelah, gangguan kecemasan, gangguan memori dan lain – lain.

Bukan hanya itu gangguan depresi berkaitan juga dengan tidur terlalu lama, orang yang mengalami depresi dari muda akan banyak menghabiskan waktunya untuk tidur.

Penyakit Jantung

Menurut penelitian yang dikutip dari alodokter.com orang yang tidur terlalu lama antara 8 – 11 jam di waktu malam hari lebih beresiko menderita penyakit jantung dibanding dengan orang yang tidur 8 jam di setiap malam.

Bukan hanya penyakit jantung prang yang terlalu lama tidur juga akan mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga orang yang banyak tidur lebih gampang terserang penyakit.

Sakit Punggung

Dan bahaya tidur terlalu lama yang akan langsung anda rasakan saat bangun adalah sakit punggung, penyakit ini tidak akan terelakan terlebih lagi jika anda tidak segera memperhatikan pola tidur.

Untuk mengatasiya anda bisa mulai tidur dengan durasi 7 – 8 jam setiap harinya.

Cara Merubah Pola Tidur

Nah banyak bukan bahaya dan penyakit yang akan anda dapatkan jika terlalu lama tidur, jadi sebaiknya nada mulai hidup sehat dengan memperbaiki pola tidur anda. Dan buat anda yang kesulitan merubah pola tidur anda bisa melakukan berbagai cara berikut ini.

Merubah Jadwal Tidur

Pertama anda harus merubah jadwal tidur, jika anda tipe orang pelupa dan pemalas anda bisa menulis kapan waktu anda tidur dan kapan waktunya anda bangun, terapkan jadwal yang anda buat meskipun sedang akhir pekan.

Olahraga

Salah satu cara agar pola tidur dan kesehatan anda bisa pulih yaitu dengan melakukan olahraga, terlebih lagi bagi anda yang mengalami masalah hangguan mental gerakan, udara dan suasana di pagi hari dapat membuat anda lebih rileks.

No Cafein Dan Alcohol

Sebelum tidur hindari konsumsi cafein baik dari kopi maupun teh karena kafein yang ada di dalamnya membuat jantung anda berdebar lebih kencang. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel teh vs kopi.

Nah itu tadi bahaya terlalu lama tidur bagi kesehatan yang harus anda waspadai jika terlalu banyak tidur, Untuk mendapatkan tubuh yang sehat sebaiknya anda mengimbangi aktivitas, waktu istirahat, olah raga, pola makan dana juga harus pandai mengelola stress.


Saran lainnya