Berikut Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Mudik


Meninggalkan rumah untuk mudik – Bagi yang sudah berpengalaman mudik pasti hal ini bukanlah hal penting yang harus dipelajari. Mengingat kita sudah ahli dalam bidang permudikan saat lebaran. Namun bagaimana jika anda tidak pernah mudik ?

Pasti kita bingung ya sebelum meninggalkan rumah apa yang harus kita lakukan dan apa yang tidak boleh kita lakukan. Mudik lebaran sangat lama minimal kita menghabiskan waktu mudik sekitar 7 hari namun di tahun ini karena libur panjang maka waktu mudik kita juga panjang.

Berkumpul bersama keluarga memang mengasikan namun meninggalkan rumah dalam waktu lama cukup embuat was – was mengingat banyak tindak kriminal dan kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di rumah kita yang tanpa penjagaan sama sekali.

Nah berikut fispol.com telah merangkum hal yang harus anda lakukan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik agar tetap aman.

Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Mudik

meninggalkan rumah untuk mudik
meninggalkan rumah untuk mudik

Titipkan Hewan Piaraan di Tempat Penitipan Hewan

Hewan piaraan bagaikan keluarga sendiri ya, namun sayangnya saat mudik kita tidak bisa membawa serta hewan piaraan. Karena membawa hewan pairaan akan menambah masalah saat diperjalanan dan menghindarkan hewan dari stress karena perjalanan dan suasana baru.

Nah sebelum mudik ada baiknya anda menitipkan hewan piaraan ke tempat penitipan hewan, jasa ini sudah tersedia di banyak kota besar di Indonesia. Meskiun harus membayar uang tidak sedikit namun ditempat ini hewan piaraan anda akan aman selama mudik karena ada yang mengurus dan memberinya makan.

Putuskan Sambungan Listrik

Sering kita lihat berita di TV ya jika saat bulan Ramadahn dan Lebaran kejadian kebakaran meningkat terlebih lagi di rumah padat penduduk. Dan salah satu penyebab yang sering yaitu konsleting listrik. Konsleting listrik terjadi karena danya hubungan arus pendek yang disebebakan karena berbagai hal seperti kabel terkelupas, kabel dimakan tikus dan lain – lain.

Untuk menghindarinya putuskan sambungan listrik dari panelnya, selain itu cabut juga semua sambungan mulai colokan tv, colokan kulsa, colokan kipas angin, charger dan lain – lain. Dan untuk anda yang berada di lingkungan padat penduduk ada baiknya saling mengingatkan. Jangan sampai anda sudah berwaspada namun tetangga anda sewenang – wenang.

Putuskan Sambungan Gas LPG

Penyebab kebakaran ke dua biasanya berasal dari gas LPG, gas LPG cepat sekali meledak saat terkena puntung rokok atau percikan api. Apalagi saat mudik rumah dalam keadaan terkunci sehingga gas bocor akan mengendap dan mudah sekali tersulut api. Jadi pastikan copot regulator dan pastikan aliran gas terputus.

Bersihkan Rumah Sebelum Pergi

Meskipun untuk waktu yang lama kita tidak menempatinya, namun bukan berarti kita bisa meninggalkan kamar dalam keadaan kotor ya. Rumah yang kotor akan menyebabkan bakteri dan kuman berkembang selama anda tinggal.

Selain itu meninggalkan rumah dalam keadaan kotor hanya akan menambah beban anda setelah pulang dari mudik. Jadi ada baiknya bersihkan rumah, buanglah semua sampah yang ada di rumah atau tempat sampah. Jika ada makanan di kulkas yang tidak dimakan berikan saja pada orang lain yang membutuhkan karena saat anda kembali akan ada banyak makanan yang tidak layak makan di kulkas dan akhirnya terbuang.

Kunci Semua Pintu

Penting sekali ya untuk mengunci semua pintu, momen – momen seperti ini ada banyak permapok spesialis rumah kososng yang berkeliaran. Jadi tetap waspada ya pastikan semua cendela, pintu belakang, depan dan gerbang terkunci sempurna.

Lapor Ke Tetangga Terpercaya Dan Ketua RT

Meskipun kita anggap tidak penting namun berpamitan pada tetangga dan ketua RT setempat sangat penting. Dengan begini orang – orang akan tahu jika anda tidak ada di rumah dan otomatis tetangga akan langsung melaporkan pada Ketua RT jika ada hal – hal mencurigakan di dalam rumah.

Titipkan Kunci Cadangan Rumah Ke Ketua RT Setempat

Tentunya anda tidak akan percaya ya pada siapapun, apalagi harus menitupkan kunci pada orang lain. Namun hal ini perlu ya karena dengan menitipkan kunci kutra tidak perlu bingung jika kunci kita ketinggalan atau terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam rumah sehingga mereka perlu membuka rumah.

Nah itu tadi Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Meninggalkan Rumah Untuk Mudik, selamat mudik semoga mudik kali ini lancar sampai tujuan. Dan untuk anda yang mudik membawa anak – anak berikut barang yang harus anda bawa saat mudik.


Saran lainnya