Makanan Khas Purwokerto Yang Terkenal Sebagai Kuliner Jawa Tengah


Makanan Khas Purwokerto – Purwokerto merupakan salah satu kota yang memiliki keunikan tersendiri di Jawa Tengah. Ibukota dari Kabupaten Banyumas ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya, sehingga banyak masyarakat yang menghabiskan waktu liburnya untuk menikmati berbagai tempat wisata di Purwokerto. Tetapi tidak hanya tempat wisata saja, makanan khas Purwokerto juga bisa membuat liburan kamu akan lebih sempurna, dan bahkan beberapa dari kuliner Purwokerto terkenal sebagai kuliner Jawa Tengah.

Indonesia memang sangat kaya akan keindahan alam, keunikan budaya, dan juga makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat berpengaruh dan sangat terkenal, dan salah satunya adalah Jawa Tengah. Jawa tengah memiliki makanan khas yang patut di banggakan, seperti misalnya makanan khas Semarang atau kuliner khas Jogja. Selain Semarang atau Jogja, makanan khas Purwokerto, Jawa Tengah juga memiliki ciri khas tersendiri dan tentunya tidak kalah dengan daerah lain di Jawa Tengah.

Makanan Khas Purwokerto

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas mengenai beberapa tempat wisata Purwokerto yang sudah terkenal, dan supaya liburan kamu semakin lengkap saat berlibur ke Purwokerto, ini dia beberapa makanan khas Purwokerto yang wajib kamu coba ;

1. Mendoan

Saat saya liburan ke Purwokerto kemarin, mendoan ini yang sering saya temukan di beberapa warung makan di Purwokerto. Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang menggunakan tempe sebagai bahan dasarnya. Mendoan tidak hanya terkenal di Jawa Tengah saja, bahkan hampir di seluruh pelosok tanah air mengenal kuliner Jawa Tengah yang satu ini.

Kuliner Banyumas yang sudah sangat terkenal ini sangat nikmat disantap di saat masih panas, apalagi jika dipadukan dengan sambel pedas. Kalau sahabat fispol ingin menikmati makanan khas Purwokerto ini, tidak harus kesana kok karena cara buat mendoan ini cukup gampang. Tapi tentu saja mendoan asli Jawa Tengah memiliki cita rasa tersendiri.

Jangan lupa baca juga artikel terkait lainnya ;

2. Soto Sokaraja Purwokerto

Soto mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena masakan soto banyak di temukan di berbagai daerah di Indonesia. Soto juga termasuk salah satu makanan khas Purwokerto, ya namanya soto sukaraja. Soto khas Purwokerto ini tentunya berbeda dengan soto pada daerah lain, soto sukaraja memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri.

Kuliner khas Purwokerto ini sangat digemari oleh para wisatawan yang berkunjung kesana, dan ada dua pilihan untuk isinya yakni pakai daging ayam atau pakai daging sapi. Ciri khas makanan khas Purwokerto ini terlihat jelas pada kuahnya yang agak kental, serta menggunakan kuah yang di campur dengan kacang.

3. Gethuk Goreng

Gethuk khas Purwokerto berbeda dengan getuk pada umumnya yang dimasak dengan cara di rebus. Makanan khas Purwokerto ini justru di olah dengan cara di goreng, sehingga memiliki cita rasa yang berbeda.

Bahan yang di gunakan untuk membuat gethuk goreng Purwokerto ini yaitu adonan singkong, dan untuk menambah rasa manis gurih, di tambahkan dengan gula merah. Kuliner Purwokerto ini biasanya di jual menjelang sore hari, dan sangat nikmat di santap dengan segelas teh manis panas.

4. Bakmi Purwokerto

Sumber : wisatajiwa.wordpress.com

Sama hal nya dengan soto, bakmi juga mudah kita temukan di beberapa daerah di Indonesia. Namun bakmi khas Purwokerto ini memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri loh. Ciri khas makanan khas Purwokerto ini dapat kita lihat pada mie yang digunakan, yakni mie yang agak besar dan lebar menyerupai kwetiau.

Selain pada mie nya, bakmi Purwokerto ini juga dimasak dengan cara yang unik, yaitu dimasak diatas tungku arang, sehingga aroma khas jelas terlihat. Sahabat fispol jangan lupa mencoba bakmi ini ya saat liburan ke Purwokerto, di jamin akan ketagihan, hehehehehe.

5. Lanting

Nah kalau makanan khas Purwokerto yang satu ini berupa cemilan, yang bisa kamu nikmati saat menikmati indahnya alam di baturaden. Jajanan khas Purwokerto ini juga bisa loh kamu jadikan sebagai oleh-oleh karena termasuk makanan kering.

Cemilan khas Purwokerto ini terbuat dari adonan tepung yang di goreng, berbentuk bulat seperti cincin. Rasanya yang gurih dan renyah akan membuat kamu ingin terus dan terus mengunyah jajanan Purwokerto ini.

6. Lumpia Purwokerto

Tidak hanya Semarang saja yang memiliki makanan khas lumpia, Purwokerto juga memiliki makanan khas yang bernama lumpia loh. Hanya saja lumpia khas Purwokerto tidak se populer lumpia Semarang, namun memiliki cita rasa tersendiri.

Lumpia bom adalah julukan dari makanan khas Purwokerto ini, karena bentuknya yang agak besar di banding dengan lumpia Semarang. Lumpia Purwokerto ini sangat cocok untuk di jadikan teman nasi, karena isinya menggunakan sayuran dan daging.

Itulah beberapa makanan khas Purwokerto yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi kuliner kamu saat liburan ke Purwokerto. Semoga bermanfaat.


Saran lainnya